[Tips Bisnis]: 5 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Memulai Bisnis

Musuh utama dalam kesuksesan adalah penundaan dan alasan. Kadang, kita sudah tahu apa yang harus dilakukan. Tapi kita terus menunda-nunda.

"Ya saya tahu, berbisnis itu baik. Tapi saya belum bisa memulainya sekarang," alasan mereka.

Kenapa? "Tidak punya modal. Tidak punya ilmu. Tidak punya waktu," penjelasan mereka.


Padahal hampir semua entrepreneur memulai bisnisnya dengan berbagai keterbatasan. Tidak punya modal. Tidak punya ilmu. Tidak punya waktu. Bedanya, mereka menyegerakan dengan membuang segala bentuk penundaan dan alasan.

Terus, bagaimana cara mengatasinya?

Pertama, harus ada perasaan urgent untuk sukses (urgency for success).

Kedua, kelilingi diri Anda dengan sahabat dan guru yang mendukung, sehingga selalu menyemangati dan membimbing Anda.

Ketiga, cari produk bermargin tinggi sehingga sangat memotivasi Anda walaupun baru terjual satu atau dua.

Keempat, tulis target-target harian Anda.

Kelima, tuntaskan apa yang Anda tuliskan.

Nah, poin satu sampai lima, tolong Anda baca ulang. Ya, baca ulang. Ini sangat penting soalnya, bagi Anda yang ingin memulai sebuah bisnis, termasuk bisnis online. Semoga menjadi solusi yang sedikit-banyak memperbaiki nasib Anda.

Seberapa yakin Anda untuk menunda-nunda memulai bisnis besok atau nanti-nanti, sementara waktu terus berganti tak terhenti? Padahal, semakin segera Anda memulai, semakin segera pula Anda meraih sukses finansial. 

"Mas, bisnis apa yang bagus?" celetuk mereka.

"Bisnis yang dimulai," sindir saya. Yang penting, legal dan halal.

Sekiranya Anda punya jatah gagal 4X atau 5X, maka jatah itu harus Anda habiskan. Kalau ditunda-tunda, yah dapat apa? Nggak ada. Mirisnya lagi, begitu Anda menunda, maka mood bisnis pun akan berkurang dan mereda.

Terutama buat Anda yang muda-muda, segeralah mulai usaha, jangan ditunda-tunda. Lantas, apakah setelah memulai usaha, ada jaminan sukses? Yah mana ada! Tapi potensi itu, sekian persen, ada.