[Bisnis Online]: Cara Membangun dan Mengembangkan Bisnis Melalui Internet

Cara Membangun dan Mengembangkan Bisnis Melalui Internet - Dari tahun ke tahun, pelaku bisnis online semakin banyak saja. Lihat saja di smartphone Anda. Banyak sekali teman atau teman dari teman yang mengirim broadcast kepada anda via whatsapp, BBM, facebook, dan twitter. Memang, kemajuan teknologi jika disikapi dengan positif bisa berdampak pada kesejhateraan keluarga.

Namun, menurut saya mengirim pesan secara bertubi-tubi melalui WA atau media sosial bukanlah hal yang tepat. Mengapa? Itu menggangu sekali. Banyak notifikasi yang masuk, eh ternyata jualan. Sementara yang mereka jual belum tentu Anda butuh.


Memulai bisnis online tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Bisnis online itu sangat kompleks. Bisnis online yang dirancang secara matang dan profesional membutuhkan ide dan kreatifitas sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang berarti. Terlebih, memberikan dampak terhadap penghasilan dan kesejahteraan.

Ada beberapa tahap yang harus Anda lalui agar bisnis online yang Anda bangun bisa memberikan hasil yang memuaskan.

TAHAP PERTAMA BISNIS ONLINE: MENGENALI KONSUMEN

Anda pasti tahu bahwa prospek, atau konsumen yang akan menjadi nyawa dari bisnis anda. Jika ini tidak ada, maka anda tidak bisa membuat bisnis apapun. Jadi sekarang coba usahakan untuk mengenali pasar anda. Cari tahu apa yang diinginkan oleh konsumen-konsumen dari produk yang akan anda pasarkan.

Untuk anda yang menjual satu produk saja, ini akan cukup mudah. Tapi untuk yang menjual cukup banyak produk, ini bisa jadi sedikit sulit. Apalagi untuk yang menjual ratusan line item, seperti toko kelontong online ini nyaris sangat sulit untuk melakukan intensifikasi produk, karena ragam yang sangat luas.

Bagi anda yang menjual produk yang sangat beragam, ada baiknya anda fokus pada desain websitenya, agar semua produk anda bisa ditampilkan dengan elegan dan eksklusif, karena konsumen itu sangat dominan memutuskan sesuatu berdasarkan visual produk.

Jadi di tahap ini anda harus memposisikan diri sebagai konsumen dan gali sedalam-dalamnya untuk menemukan apa saja yang anda harapkan dari website yang menjual produk yang akan anda pasarkan nantinya. Jika anda merasa blank, anda bisa bertanya ke orang-orang disekitar anda.

TAHAP KEDUA BISNIS ONLINE: KERANGKA KERJA

Maksudnya ini adalah membuat perencanaan untuk pemasaran. Banyak orang mengira memulai bisnis online itu cuma dengan membuat website lalu lakukan SEO. Online Marketing atau Bisnis Online itu jauh lebih kompleks dari itu karena sumber trafik itu bukan cuma SEO, dan bisnis online itu juga berbicara masalah branding dan pencitraan alias membangun image.

TAHAP KETIGA BISNIS ONLINE: MENGETAHUI CARA MENDAPATKAN TRAFIK

Sehebat apapun konten dan cerita yang akan anda buat nantinya, tidak akan ada gunanya jika kita tidak tahu bagaimana cara mendapatkan trafik untuk website kita. Kebanyakan orang berpikiran bahwa cara untuk mendapatkan trafik itu adalah dengan dengan SEO saja, makanya orang-orang hanya belajar SEO saja. Padahal ada banyak sekali metode menjaring trafik di internet yang perlu anda ketahui.

Bagi anda yang membuat website untuk bisnis online, maka trafik yang anda inginkan bukanlah trafik sembarang trafik, trafik yang anda inginkan adalah trafik yang mempunyai potensi besar menjadi pembeli. Jadi di dalam metode menjaring trafik, ada yang namanya targeting. Dan ini adalah seni terbesar di dalam bisnis online.

Untuk memahami cara mendapatkan trafik ke website bisnis online, ada beberapa istilah yang akan anda pelajari kedepannya, yaitu SEO, content marketing, email list, social media, dan lain-lain termasuk iklan berbayar. Atau bahkan mengembangkan konsep afiliasi agar lebih banyak tangan dan otak yang mengerjakan promosi anda dengan imbalan berbagi keuntungan dengan mereka.

TAHAP KEEMPAT BISNIS ONLINE: MENGETAHUI CARA KONVERSI TRAFIK

Adalah percuma jika anda bisa mendapatkan trafik menuju website bisnis online anda tetapi anda benar-benar "buta" cara mengubah trafik anda menjadi konsumen pengguna atau buyer. Seharusnya jika anda melakukan targeting dengan benar di tahap ke empat, maka proses konversi trafik ini bisa berjalan dengan mudah.

Konversi adalah proses terakhir di dalam bisnis online yang mengubah semua usaha anda di atas menjadi penghasilan untuk anda. Dan kebanyakan proses dari konversi ini terjadi karena struktur website anda dan juga palayanan yang anda berikan kepada pengunjung. Jadi di sini anda harus mempelajari konsep utama yaitu bersikap profesional.

Untuk mendalami masalah konversi, maka anda harus mengetahui apa yang disebut LANDING PAGE.

Landing page pada umumnya adalah halaman web yang anda persiapkan khusus untuk mempromosikan komoditas anda. Anda harus paham bagaimana cara membuat website atau blog yang bisa menjaring trafik, membangun kepercayaan, dan memenangkan penjualan. Ada banyak faktor di dalam membuat landing page yang harus anda ketahui.

Setelah anda tahu cara membuat website atau cara membuat blog, maka langkah selanjutnya anda harus mengetahui cara menyusun desain yang bisa merangsang otak pengunjung anda untuk membeli produk anda. Pemilihan kata, fakta, gambar, warna, dan video akan sangat berpengaruh di dalam tahapan konversi trafik di bisnis online ini.

***

Baca Juga:

arrow_back

Label

Laman

arrow_forward