Langkah Mudah Memulai Bisnis, Pake ATM

Langkah Mudah Memulai Bisnis - ATM itu ampuh. Bener-bener ampuh. Maksudnya, Amati-Tiru-Modifikasi. Misal, bisnis orang lain yang terbukti dan teruji sukses, yah kita tiru saja. Namun di sini bukan sekedar meniru. Perlu kreativitas juga. Iya tho?

Di mana kita harus melakukan sedikit modifikasi agar sesuai dengan perusahaan kita (C1, Company), sesuai dengan selera pelanggan kita (C2, Customer), dan berbeda dengan pesaing kita (C3, Competitor).



Kisah sukses merek-merek besar menginspirasi entrepreneur-entrepreneur lokal untuk menjadi jagoan di kotanya masing-masing. Entrepreneur-entrepreneur lokal ini memodifikasi, sehingga hadirlah bisnis-bisnis yang kreatif.

Ibaratnya fasilitas copy paste di pengetikan, kita harus menambahkan editing-editing agar hasilnya lebih apik dan lebih menarik.

Misal, merek A harganya mahal. Kita? Tawarkan harga murah.

Merek B ukurannya besar. Kita? Berikan ukuran kecil.

Merek C distribusinya di supermarket. Kita? Jual melalui reseller.

Merek D promosinya di stasiun TV. Kita? Sosialisasi di socmed.

Merek E target pasarnya keluarga. Kita? Segmennya anak muda.

Ini yang namanya modifikasi. Sekarang tugas kita, carilah merek-merek nasional yang relevan. Lalu, kita amati dan cermati. Dengan teliti dan hati-hati. Terus, kita ikuti. Kemudikan lakukan sedikit modifikasi. Agar produk kita lebih disukai customer, menyentuh hati.

Itulah langkah awal dalam memulai bisnis. Selanjutnya, anda bisa belajar bagaimana cara meningkatkan penjualan dalam jangka panjang yang bis membuat bisnis Anda langgeng dan sukses.

Namun, ada satu hal lain yang perlu kita pahami bahwa bisnis online tidak selalu mudah dan gampang dijalankan. Ada beberapa tahapan dalam membangun bisnis online yang perlu kita pelajari.

Siap?