Cara Meningkatkan Kesehatan Finansial Anda [Sederhana Namun Efektif]

Cara Meningkatkan Kesehatan Finansial Anda - Dalam mengembangkan bisnis online yang sedang Anda geluti saat ini, salah satu hal yang paling penting adalah pengelolaan keuangan. Ada orang yang bisa mencari uang dan pintar mendapatkan penghasilan, namun ia lemah dalam hal mengelola uang. Ada pula orang yang tidak terlalui pandai dalam mencari uang, namun ia lihai dalam mengatur keuangan. Dalam hal ini, siapa yang menang? Pemenangnya adalah yang bisa mengatur keuangan.

Bicara mengenai keuangan atau finansial, ada kalanya bisnis itu tidak selalu untung. Kadang omzet bisnis menurun, penjualan lagi sepi atau profit berkurang dari bulan sebelumnya. Agar kondisi keuangan / finansial Anda tetap sehat, bagaimana menyiasatinya?

Cara Meningkatkan Kesehatan Finansial Anda

Inilah salah satu tips sehat finansial. Tips ini sangat cocok bagi siapa pun, walaupun bagi Anda yang baru memulai bisnis online.

Ringkas saja, yaitu 3i. Maksudnya?

i yang pertama adalah insyaf.

Pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu hendaknya dihentikan. Bertobatlah. Insyaflah.

Kadang ya, kita merasa hidup kita suka ngaca sama kehidupan orang lain. Mending kalau ngacanya kepada yang lebih rendah dari kita. Parahnya, kita lebih suka membandingkan hidup kita dengan orang lain yang lebih keren, lebih gaya, lebih kelihatan kaya. Sehingga, tanpa sadar kita membeli barang-barang yang mungkin tidak perlu.

So, mulai sekarang insyaflah. Bedakan antara keinginan dan kebutuhan. Sekiranya beli smartphone hanya untuk gaya dan pamer (padahal gak butuh-butuh amat) lebih baik jangan beli. Kecuali memang untuk menunjang bisnis dan usaha agar lebih maju dan menghasilkan.

i yang kedua adalah irit.

Biasakan hidup hemat alias hidup irit. Ini tentu saja 100% berbeda dengan pelit.

Bedakan antara irit dan pelit. Irit itu beli seperlunya bukan semaunya. Sedangkan pelit sama halnya tidak mau berbagi dengan orang lain. Irit belum tentu pelit. Pelit belum tentu irit.

i yang ketiga adalah investasi.

Perketat konsumsi, perbanyak investasi. Tidak mudah, tapi bisa.

Investasi memang salah satu roda penggerak ekonomi keluarga untuk lebih sejahtera. Investasi tidak perlu yang mahal-mahal dan yang butuh pemahaman tinggi. Investasi bisa dimulai dari hal-hal kecil. Seperti menabung emas, memberi modal usaha/warung orang lain (syarat: sudah jalan 4 tahun lebih), membeli kebun, membeli sawah, dan seterusnya.

Ingat ya, investasi yang dimaksud bukanlah investasi bodong. Bukan money game.

Jadi, 3i = insyaf + irit + investasi.

Sekiranya 3i ini diterapkan dalam 3 tahun, maka akan terlihat hasilnya. Kalau 10 tahun? Jangan ditanya. Anda akan terkaget-kaget melihatnya. Hukum Compound telah bekerja dengan sempurna.

Anda tahu apa persamaan loser dan winner? Mereka sama-sama tahu soal aturan-aturan menuju kesuksesan. Bedanya, si loser melanggarnya. Kalau si winner? Mentaatinya.

Itu saja.