[Bisnis Online]: Tips Membangun Bisnis Melalui Internet Bagi Pemula

Tips Membangun Bisnis Melalui Internet Bagi Pemula - Memulai bisnis online itu memerlukan planning alias perencanaan yang baik, karena persaingan di dunia bisnis bermodalkan internet ini sangat keras. Bila Anda salah satu dari sekian pemain bisnis online dan membangunnya secara sembarangan, maka anda akan sulit menuai hasil dari bisnis tersebut.


Sangat penting untuk diperhatikan bahwa bisnis online itu memiliki tingkatan kelasnya tersendiri dan sangat tergantung pada produk yang ditawarkan. Pada akhirnya, semua orang mau bisnis onlinenya ramai, menguasai pasar dan mencapai puncak kesuksesan.

Dari tahun ke tahun, bulan demi bulan, semakin banyak saja orang yang membangun bisnis melalui internet, yakni bisnis online. Ada yang menjual perfume, jam tangan, bed cover, tanaman, dan sebagainya. Bahkan ada pula yang menjual jasa outbound, hotel, dan resort. Jika anda adalah salah satu pemain bisnis online yang baru memulai, saya mau mencoba membagikan beberapa tips dari pengalaman pribadi di sini.

Tapi, tahan dulu. Sebelum memulai bisnis via internet, Anda harus memperhatikan daftar potensi yng anda miliki.
  • Apakah anda memiliki modal untuk memulai usaha? Seberapa besar?
  • Apakah modal yang anda miliki bisa membiayai bisnis Anda?
  • Apakah anda mempunyai cukup waktu untuk mengelola bisnis Anda?
  • Selain waktu, apakah anda cukup berkompeten dalam bisnis yang akan anda jalankan nanti? Karena, tidak semua bisnis bisa dilakukan hanya dengan bermodalkan semangat dan keyakinan.

Oh ya, hal lain yang perlu diperhatikan juga bahwa bisnis tidak bisa langsung ramai. Butuh waktu. Umumnya para pebisnis membutuhkan waktu berbulan-bulan hingga bisnisnya ramai dan mulai menarik perhatian orang banyak. So, apakah anda mempunyai sumber penghasilan lain yang mungkin bisa membiayai hidup anda sambil membangun bisnis anda dan menuai hasil?

Bila anda tidak mempunyai masalah dengan beberapa hal tersebut, maka saya mau men-share salah satu tips membangun bisnis melalui internet yang mungkin bisa Anda coba.

Tips membangun bisnis dengan berpromosi online

Oh ya, saya hampir lupa. Saya ingatkan, sebaiknya bisnis online itu dibangun dengan membuat website, bukan dengan broadcast di social media, whatsapp, atau BBM. Mengapa? Ada banyak alasan mengapa media sosial bukan langkah yang tepat.

Jadi, bisnis yang saya maksud adalah bisnis nyata yang dipromosikan di dunia maya melalui mesin pencari Google. Yang harus anda lakukan adalah membuat website atau blog yang ditujukan untuk menjual produk atau jasa yang anda miliki.

Dari sini anda diharuskan membuat sebuah media berupa website dan belajar SEO. SEO adalah upaya untuk membuat website kita menjadi ranking di google. Kapan-kapan nanti kita akan bahas mengenai SEO.

Di sini yang saya mau bagikan adalah sangat mudah mempromosikan bisnis anda secara online jika bisnis anda ada dalam cakupan yang sangat lokal. Misalnya; anda menjadi penjual mobil toyota di kota Semarang, atau anda menjadi penjual sepeda motor honda di Bekasi, atau Penjual Bunga di Jakarta; atau jadi jasa servis AC di Makassar; atau jasa reparasi Smartphone di Yogya.

Anda harus tahu bahwa Google hanya menyediakan 10 tempat di halaman pertama; dan mungkin pesaing di bisnis anda yang berasal dari kota yang sama yang ingin berpromosi secara online tidak terlalu banyak. Mungkin hanya 20-50 pesaing; dan itu kemungkinan besar bisa anda menangkan dengan mudah....

Saya beri ilustrasi dari bisnis sepeda motor. Anggap saja anda cuma seorang sales dan bukan dealer. Tapi anda mau membuat sebuah website untuk memasarkan motor yang anda jual. Jika website anda mendapatkan 150 kunjungan per hari; dan ada 15 yang melakukan penawaran; kemudian ada 5 yang pada akhirnya deal melakukan pembelian, maka anda bisa membukukan keuntungan dari 500 ribu sampai 1,5 juta per hari; hanya sebagai seorang sales. Itu berarti penghasilan 15 juta sampai 45 juta per bulan (atau rata-ratanya 25-30 juta per bulan)....

Apakah itu angka yang besar sekali? Dalam dunia bisnis angka itu sangat kecil. Potensi anda sangat besar jika anda tahu caranya. Anda bisa mendapatkan uang dalam jumlah sebesar itu hanya dengan trafik 50 s/d 150-an per hari. Banyak yang banting tulang mencari puluhan ribu pengunjung/hari tapi hanya menghasilkan receh karena tidak tahu cara menghasilkan uang yang benar.....

Jadi jangan terlalu membanggakan trafik yang besar jika masih bingung bagaimana cara mengubahnya menjadi uang yang bisa memenuhi kebutuhan hidup anda.

Kenapa? Ada yang kaget dan langsung kebelet mau jadi makelar motor? Jangan semuanya menumpuk jadi makelar motor ya, masih banyak bisnis lokal yang lain. Penyakit pemula itu berkerumun di tempat yang dihebohkan; alhasil yang tadi mudah malah jadi susah. Bisa juga anda membuka jasa katering di kota anda, dan masih banyak lagi.....coba berpikir kreatif; kalau tidak mau susah dan banting tulang....

Ingat ya; anda harus menggali apa potensi anda, dan "jual" itu di dunia maya ..... begitu cara tercepat membangun bisnis via  internet; bisa hanya dalam sebulan sampai 3 bulan usaha saja anda bisa mendapatkan uang yang sebelumnya tidak terlihat itu.

Kesimpulan

1. Amati dan cermati bisnis apa yang akan anda jual secara online.
2. Buatlah website atau blog yang menceritakan tentang produk atau jasa yang anda jual.
3. Promosikan website Anda dengan belajar SEO atau melalui iklan di Google Adwords.
4. Buatlah sistem bisnis Anda yang bisa mengakomodasi setiap permintaan penawaran yang masuk.

***